Biologi, ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, adalah salah satu mata pelajaran yang menarik sekaligus menantang. Bagi siswa kelas 10 semester 1, materi yang dipelajari menjadi fondasi penting untuk memahami konsep-konsep biologi yang lebih kompleks di masa depan. Oleh karena itu, penguasaan materi dasar seperti ruang lingkup biologi, keanekaragaman hayati, virus, dan bakteri menjadi krusial.
Artikel ini akan menyajikan contoh soal biologi kelas 10 semester 1 beserta pembahasan lengkapnya. Soal-soal ini mencakup berbagai tingkatan kognitif, mulai dari pemahaman konsep dasar hingga penerapan dan analisis. Diharapkan, dengan mempelajari contoh soal ini, siswa dapat lebih memahami materi pelajaran dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam bidang biologi.
Bagian 1: Ruang Lingkup Biologi
-
Soal: Cabang biologi yang mempelajari tentang struktur dan fungsi sel adalah…
a. Botani
b. Zoologi
c. Mikrobiologi
d. Sitologi
e. AnatomiPembahasan:
- Botani mempelajari tentang tumbuhan.
- Zoologi mempelajari tentang hewan.
- Mikrobiologi mempelajari tentang mikroorganisme.
- Sitologi mempelajari tentang sel.
- Anatomi mempelajari tentang struktur tubuh organisme.
Jawaban: d. Sitologi
-
Soal: Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri makhluk hidup adalah…
a. Bernapas
b. Bergerak
c. Berkembang biak
d. Berfotosintesis
e. BeradaptasiPembahasan:
- Bernapas, bergerak, berkembang biak, dan beradaptasi adalah ciri-ciri umum makhluk hidup.
- Berfotosintesis adalah ciri khusus tumbuhan hijau dan beberapa bakteri. Tidak semua makhluk hidup berfotosintesis.
Jawaban: d. Berfotosintesis
-
Soal: Tingkat organisasi kehidupan dari yang paling sederhana hingga kompleks adalah…
a. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer
b. Sel – Organ – Jaringan – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer
c. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Komunitas – Populasi – Ekosistem – Bioma – Biosfer
d. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Bioma – Ekosistem – Biosfer
e. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Biosfer – BiomaPembahasan:
Tingkat organisasi kehidupan dimulai dari sel sebagai unit terkecil, kemudian membentuk jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer sebagai tingkatan tertinggi.Jawaban: a. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer
-
Soal: Perhatikan pernyataan berikut:
- Mencari informasi tentang suatu fenomena alam.
- Membuat hipotesis.
- Melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis.
- Menarik kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen.
- Merumuskan masalah.
Urutan metode ilmiah yang tepat adalah…
a. 1-2-3-4-5
b. 5-1-2-3-4
c. 2-3-4-5-1
d. 5-2-1-3-4
e. 1-5-2-3-4Pembahasan:
Urutan metode ilmiah yang tepat adalah:- Merumuskan masalah (5)
- Mencari informasi tentang suatu fenomena alam (1)
- Membuat hipotesis (2)
- Melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis (3)
- Menarik kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen (4)
Jawaban: b. 5-1-2-3-4

Bagian 2: Keanekaragaman Hayati
-
Soal: Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat dilihat dari adanya perbedaan…
a. Bentuk paruh burung finch
b. Warna kulit manusia
c. Habitat ikan di sungai
d. Jenis makanan burung hantu
e. Ekosistem hutan hujan tropisPembahasan:
Keanekaragaman genetik adalah variasi gen dalam suatu spesies. Warna kulit manusia merupakan contoh variasi genetik.Jawaban: b. Warna kulit manusia
-
Soal: Konservasi in-situ adalah…
a. Konservasi di luar habitat asli
b. Konservasi di dalam habitat asli
c. Perlindungan tumbuhan langka di kebun raya
d. Penangkaran hewan langka di kebun binatang
e. Perlindungan ekosistem buatanPembahasan:
Konservasi in-situ adalah upaya pelestarian keanekaragaman hayati di dalam habitat aslinya.Jawaban: b. Konservasi di dalam habitat asli
-
Soal: Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut:
- Memiliki pembuluh angkut
- Tidak memiliki bunga sejati
- Berkembang biak dengan spora
- Memiliki akar, batang, dan daun sejati
Tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah…
a. Lumut
b. Paku
c. Alga
d. Jamur
e. BakteriPembahasan:
Ciri-ciri tersebut adalah karakteristik tumbuhan paku (Pteridophyta).Jawaban: b. Paku
-
Soal: Berikut ini yang merupakan contoh keanekaragaman ekosistem adalah…
a. Perbedaan warna bulu pada burung merak
b. Perbedaan jenis padi yang ditanam di sawah
c. Adanya berbagai jenis ikan di danau
d. Perbedaan bentuk paruh pada burung pipit
e. Adanya hutan hujan tropis, padang rumput, dan gurunPembahasan:
Keanekaragaman ekosistem merujuk pada perbedaan jenis habitat dan komunitas biologis. Hutan hujan tropis, padang rumput, dan gurun adalah contoh ekosistem yang berbeda.Jawaban: e. Adanya hutan hujan tropis, padang rumput, dan gurun
Bagian 3: Virus
-
Soal: Bagian tubuh virus yang berfungsi untuk melindungi materi genetik adalah…
a. Kapsid
b. Nukleus
c. Sitoplasma
d. Ribosom
e. MitokondriaPembahasan:
Kapsid adalah lapisan protein yang membungkus materi genetik (DNA atau RNA) virus dan berfungsi untuk melindungi materi genetik tersebut.Jawaban: a. Kapsid
-
Soal: Virus hanya dapat berkembang biak di dalam sel hidup. Pernyataan ini menunjukkan bahwa virus bersifat…
a. Autotrof
b. Heterotrof
c. Parasit obligat
d. Saprofit
e. KomensalismePembahasan:
Parasit obligat adalah organisme yang hanya dapat hidup dan berkembang biak di dalam sel hidup inangnya. Virus termasuk parasit obligat karena tidak memiliki organel seluler untuk bereproduksi sendiri.Jawaban: c. Parasit obligat
-
Soal: Penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia adalah…
a. Influenza
b. Campak
c. AIDS
d. TBC
e. MalariaPembahasan:
AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh manusia.Jawaban: c. AIDS
-
Soal: Tahapan siklus litik virus yang ditandai dengan masuknya materi genetik virus ke dalam sel inang adalah…
a. Adsorpsi
b. Penetrasi
c. Replikasi
d. Perakitan
e. LisisPembahasan:
Penetrasi adalah tahap di mana materi genetik virus (DNA atau RNA) masuk ke dalam sel inang.Jawaban: b. Penetrasi
Bagian 4: Bakteri
-
Soal: Bakteri yang berbentuk batang disebut…
a. Kokus
b. Basil
c. Spiral
d. Vibrio
e. SpirosetaPembahasan:
Bakteri berbentuk batang disebut basil. Kokus berbentuk bulat, spiral berbentuk spiral, vibrio berbentuk koma, dan spiroseta berbentuk spiral fleksibel.Jawaban: b. Basil
-
Soal: Struktur bakteri yang berfungsi untuk pergerakan adalah…
a. Kapsul
b. Dinding sel
c. Membran sel
d. Flagela
e. RibosomPembahasan:
Flagela adalah struktur seperti cambuk yang digunakan oleh bakteri untuk bergerak.Jawaban: d. Flagela
-
Soal: Bakteri yang berperan dalam proses pembuatan yogurt adalah…
a. Escherichia coli
b. Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus
c. Salmonella typhi
d. Clostridium botulinum
e. Mycobacterium tuberculosisPembahasan:
Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri yang berperan dalam fermentasi susu menjadi yogurt.Jawaban: b. Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus
-
Soal: Bakteri dapat melakukan reproduksi secara aseksual melalui…
a. Konjugasi
b. Transformasi
c. Transduksi
d. Pembelahan biner
e. Rekombinasi genPembahasan:
Pembelahan biner adalah cara reproduksi aseksual pada bakteri, di mana satu sel bakteri membelah menjadi dua sel anak yang identik.Jawaban: d. Pembelahan biner
Kesimpulan
Contoh soal di atas hanyalah sebagian kecil dari materi biologi kelas 10 semester 1. Penting bagi siswa untuk terus belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal yang bervariasi agar semakin memahami konsep-konsep biologi dengan baik. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau teman jika mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Dengan pemahaman yang kuat, siswa akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dan meraih kesuksesan dalam bidang biologi. Selamat belajar!